Rabu, 03 Juli 2013

Contoh RPP 2013

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Satuan Pendidikan:  SD                                                                                               
Kelas/Semester    :  I/1
Tema/Sub Tema   : Kegemaranku (2) / Gemar Berolahraga (1)
Pembelajaran  Ke : 5

A. Kompetensi Inti
KI1
:
Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
KI2
:
Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru.
KI3
:
Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah
KI4
:
Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.



B. Kompetensi Dasar
PJOK
Kompetensi Dasar:
1.1 Menghargai tubuh dengan seluruh perangkat gerak dan kemampuannya sebagai anugrah Tuhan yang tidak ternilai
2.1 Menunjukkan perilaku percaya diri dalam melakukan berbagai aktivitas fisik dalam bentuk permainan
2.2 Menunjukkan perilaku santun kepada teman dan guru selama pembelajaran penjas
4.1 Mempraktikkan pola gerak dasar lokomotor yang dilandasi konsep gerak (seperti konsep: tubuh, ruang, hubungan, dan usaha) dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau tradisional

BAHASA INDONESIA
Kompetensi Dasar:
2.3  Memiliki perilaku santun dan sikap kasih sayang melalui pemanfaatan bahasa Indonesia dan/atau bahasa daerah
3.1  Mengenal teks deskriptif tentang anggota tubuh dan pancaindra, wujud dan sifat benda, serta peristiwa siang dan malam dengan bantuan guru atau teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman
4.1  Mengamati dan menirukan teks deskriptif tentang anggota tubuh dan pancaindra, wujud dan sifat benda, serta peristiwa siang dan malam secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian

MATEMATIKA
Kompetensi Dasar:
2.2  Menunjukkan perilaku teliti dan perduli dengan menata bendabenda di sekitar ruang kelas berdasarkan dimensi (bangun datar, bangun ruang), beratnya, atau urutan kelompok terkecil sampai terbesar
3.5  Membandingkan dengan memperkirakan panjang suatu benda menggunakan istilah sehari-hari (lebih panjang, lebih pendek)
SBDP
Kompetensi Dasar:
2.1   Menunjukkan rasa percaya diri untuk berlatih mengekspresikan diri dalam mengolah karya seni
4.7  Menyanyikan lagu anak-anak dan berlatih memahami isi lagu

C. Indikator
PJOK
4.1.1  Melakukan gerak lompat jauh dengan teknik yang benar
BAHASA INDONESIA
3.1.1  Menjawab pertanyaan-pertanyaan berdasarkan teks deskriptif yang dipelajari
4.1.1  Menceritakan kembali isi teks dengan bahasa sendiri
MATEMATIKA
3.5.1  Mengukur jarak lompatan dengan melaksanakan alat ukur tidak baku
3.5.2  Membandingkan jarak yang lebih panjang >< lebih pendek
SBDP
4.7.1  Menyanyikan lagu bertema olahraga lancar dan percaya diri sesuai arahan

D. Tujuan Pembelajaran:
  1. Dengan praktik langsung siswa mampu melakukan lompat jauh dengan teknik yang benar
  2. \Dengan menggunakan alat ukur tidak baku (tali rafia).

Siswa mampu mengukur dan membandingkan jarak lompatannya dengan lompatannya dengan lompatan temannya.
  1. Setelah mengukur, siswa mampu membuat tabel data hasil pengamatan kegiatan.
  2. Dengan kegiatan praktik siswa mampu menyajikan lagu bertema olahraga dengan percaya diri dan lancar sesuai dengan ketentuan.
  3. Dengan bermain sambil bernyanyi siswa mampu mengikuti arahan atau petunjuk guru dengan benar.
E. Materi Ajar:
  1. Melakukan lompatan
  2. Bernyanyi
F. Alokasi Waktu
6 X 30 menit

G. Pendekatan dan metode
Saintifik
Diskusi dan demonstrasi

H. Kegiatan Pembelajaran
KEGIATAN
DEKSKRIPSI KEGIATAN
ALOKASI WAKTU

Pendahuluan
1. Siswa memulai kegiatan dengan berdoa
2. Guru mengecek kehadiran
3. Guru memberi penjelasakn tentang kegiatan yang akan dilakukan
6  x 30 menit



Kegiatan Inti
1.      Siswa mendengarkan penjelasan guru tentang kegiatan yang akan dilakukan
2.      Siswa diminta membawa buku siswa dan alat tulis.
3.      Siswa dibagi ke dalam beberapa kelompok.
4.      Guru mengajak siswa ke halaman/lapangan sekolah untuk melakukan kegiatan berolahraga sambil belajar mengukur, yang akan dilakukan, yaitu sebagai berikut:

4.1     Siswa melompat mulai dari garis awal yang telah ditentukan.

4.2              Tempat siswa mendarat diberi tanda dengan kapur

4.3              tulis atau kayu (jika dilakukan di lapangan tanah).

4.4              Semua anggota kelompok melakukan hal yang sama.

4.5     Semua anggota kelompok membandingkan jarak lompatan.

5.      Siswa mendengarkan penjelasan tentang pengamatan
6.      Dengan bimbingan guru, siswa mengisi tabel hasil pengamatan yang ada pada buku siswa.
7.      Siswa melakukan satu kali lagi lompatan dan menuliskan hasil pengamatannya.
8.      Guru dan siswa mendiskusikan hasil pengamatan kegiatan lompat jauh.
9.      Guru membacakan pertanyaan pada buku siswa dan siswa menuliskan jawabannya dengan bahasa sederhana.
10.  Siswa menuliskan jawaban dari pertanyaan bacaan di buku siswa.

Siswa diajak kembali ke kelas:
  1. Siswa diminta untuk memperhatikan teks lagu Basri Jago Kasti.
  2. Guru mengajarkan lagu Basri Jago Kasti.
  3. Guru dan siswa menyanyikan lagu bersama-sama agar siswa pandai.
  4. Kemudian guru membagi siswa menjadi beberapa kelompok.
  5. Guru mengadakan sebuah permainan “menyambungkan lagu” dan menjelaskan kepada siswa tentang kegiatannya. Berikut ini adalah aturannya.

5.1     Setiap kelompok secara bergiliran menyanyikan sebaris lagu.

5.2     Guru menunjuk kelompok yang pertama kali menyanyikan baris pertama lagu.

5.3     Guru akan menunjuk kelompok menyanyikan lagu secara acak.

5.4   Setiap kelompok diharapkan selalu dalam keadaan siap.



Kegiatan Penutup
  1. Pada akhir kegiatan setiap kelompok maju ke depan kelas untuk menyanyikan lagu tersebut.

I.    PENILAIAN
Kegiatan lompat jauh  :
No
NAMA
Kemampuan melakukan lompat jauh dengan cara benar
Kemampuan membandingkan
lompatan yang paling jauh dan paling dekat
Terlihat
Belum Terlihat
Terlihat
Belum Terlihat
1
Ayu

ü   
ü   

2
Azil
ü   

ü   

3
Diva
ü   

ü   

Kegiatan bernyanyi berkelompok       :
No
NAMA
Kelompok hafal lagu yang dinyanyikan
Kekompakkan kelompok dalam bernyanyi
Terlihat
Belum Terlihat
Terlihat
Belum Terlihat
1
Ayu

ü   
ü   

2
Azil
ü   

ü   

3
Diva
ü   

ü   


J. Sumber dan Alat Bantu Pembelajaran
Sumber       :
  1. Prof. Dr. Khairil Anwar Notodiputro. (2013). Kurikulum 2013. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
  2. Lubna Assagaf, Iba Muhibba, Nurhasanah, dkk. (2013). Buku siswa kelas 1 tema Kegemaranku. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
  3. Lubna Assagaf, Iba Muhibba, Nurhasanah, dkk. (2013). Buku guru kelas 1 tema Kegemaranku. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Alat Bantu  :
  1. Buku siswa
  2. Kapur tulis/kayu
  3. Teks lagu basri jago kasti

1 komentar:

  1. Harrah's Reno - Mapyro
    The Harrah's Reno Reno is 남원 출장안마 a casino 안성 출장안마 and hotel located in Reno, Nevada, 안동 출장샵 United States. 양산 출장샵 Harrah's Reno is a hotel and casino situated near Harrah's 광양 출장안마

    BalasHapus